Trouble n tips ninja masuk musim ujan

View previous topic View next topic Go down

Trouble n tips ninja masuk musim ujan

Post  redemp on Wed May 27, 2009 3:15 pm

Artikel ini disadur dari http://ncc.or.id/index.php/tipsatricks/37-tip-a-trick/56-trouble-a-tips-ninja-disaat-musim-hujan

Trouble n tips ninja masuk musim ujan..

Iseng tuk bagi2 tips buat bro's semua...dah masuk musim ujan nih, biasanya
di ninja ente smua ada problem kek gini, n gw coba bagi tips nya supaya
tetep enjoy kek dewi persik waktu nunggangin ninja kesayangan...Razz

Yang pasti usahain ninja ga keujanan kalo parkir, karna air ujan nimbulin
masalah karat, belum lagi kotoran yang kebawa.. tapi kalo terpaksa mau
gimana lagi..:p

1. gas nyangkut

ni paling sering kejadian, ga cuman di ninja doang...mayan nyebelin n bikin
bahaya. yang sering di RR, tapi R juga bisa kena ni penyakit, kalo di RR
biasanya karna skep dah pade ngelotok (dah sering dibahas) n kalo musim ujan
di perparah lagi nyangkutnya....

Karna ngebahas pengaruh ujan otomatis penyebabnya ya aer ujan, mulai dari
handel gas yang seret karna dalemnya berkarat ----> solusinya tinggal
copotin tuh handel gas bareng rumahnya, liat tempat muter distang..biasanya
pade karat ma kering, tinggal amplas, bersihin, kasi oli lagi n beres dah..

Masih di seputaran grip, coba cek grip gasnya, kadang sering kena air melar
kesamping jadi kena ke balancer, n akhirnya bikin seret karna mentok ----->
solusinya, potong aja tuh grip di ujung deket balancer, supaya jadi bebas
lagi..eces ini mah.Razz

Penyebab yang lain karna lagi2 aer ujan, tali gas pada seret karna kotor n
karat dalemnya, solusinya tingga bongkar, dalemnya masukin bensin, dah
bersih masukin oli, keluar masukin ampe muncrat eh sampe longcer..sekalian
kalo dibongkar rumah dihandelnya dibersihin n dicoliin eh di oliin
maksutnye.. Beres dah..

Kemungkinan laen diskep karbu karna aer ma kotoran jadi seret dah..nyang ini
tinggal bebersih karbu aja kek servis rutin...

2. tangki masuk aer

Ini penyakit bawaan ninja dari lahir..:p kalo motor ente dah diatas 2 taun
dijamin masuk ni aer kalo kena ujan gede or nyuci motor...

Efeknya bikin gondok! Motor mogok karna karbu isinya aer mulu, gejala mogok
gini biasanya di ninja motor bisa nyala begitu masuk gigi 1 mau jalan
langsung kek ayam sayur..gitu terus dah..:p,, sama tengki karat (wah kalo
dah gini suseh benerinnya)

Penyebabnya simpel, tutup tangki model kek ninja emang pasti masuk air
karna rata, tapi udah dibikinin saluran aer tuk pembuangan pipa kecil yang
masuk ke dalem tengki buat dialirin keluar lewat bawah, jadi ga masuk
kedalem tengki tuh aer...

Cuman sering salurannya kotor n jadi macet, akhirnya tuh aer geneng n bisa
masuk ke dalem.. Di perparah ma desain salah Kawasaki yang nutupin tuh got
pake karet segede gaban!, coba dicek tutup tengki dibuka, liat diseputaran
tengki ada karet, bandingnin ma moge or nsr yang dsainnya ciamik tanpa karet
disitu...kekekekeke

Solusinya sebelum kemasukan aer, coba potong tuk karet, gampangnya potong
biasa aja yang penting tuh got ga ketutup karet lagi, n aer bisa langsung
menuju lubang kecil yang ada digot itu.. N langsung keluar.. jangan lupa
abis potong bersihin tuh gotnya kek kerja bakti dikampung, n tiup pake
kompresor lubang kecilnya supaya ga ada kotoran nyumbat n aer bisa lancar
jaya keluar lewat bawah...

Tetep kalo dah gitu usahain kalo nyuci mtor tutup tengki nya ditutupin pake
kanebo, supaya lebh aman dari sakit masuk angin..eh aer....

3. sok belakang bunyi2 n kagak maen (buat ninja R)..

Penyebabnya biasanye karna unitrak dan seputarannya pada karat n kotor,
termasuk laher bamboo lengan ayun.. bukan soknya justru, tapi link-link
unitrak pada ga maen..makanya tuh spakbor kolong bawaan ninja R tetep
dipasang, itu fungsinya penting banget tuk nahan cipratan aer ujan yang
kotor ama bau langsung ke unitrak n seputarannya. kalo modelnya cupu tinggal
potong sesuai selera aje, atau beli hagger kek yang dijual si giant alias
chris, modelnya ok juga.:p

4. Rem bunyi, ga pakem ama magel

Nyang ini jelas bener penyebabnya, kotoran dari aer ujan, coba sekali2 buka
pala babi alias kaliper sekalian ganti kampas rem sendiri, liat kotoran yang
numpuk disitu, bebersih lah, pake kuas, sikat gigi ma sabun, pistonnya agak
keluarin dikit n gosok ampe mencilek :p

Tuk perawatan bagian atas alias master cukup bersihin n kasih gemuk beberapa
bagian yang bersentuhan..... dijamin rem enak lagi..

Mmmmh, apalagi yak, dari gw dah dulu deh, ini hasil ketikan semalem sambil
nungguin bini jadi mayan panjang.. Kalo ada yang mau nambahin..monggo.mudah2
an ngebantu buat bro's semua....

Salam gas teruuuuusssssss....

NB : tambahan dari Wan Nabiel pedagang Gujarat..Supaya Mur atau Baut yang kena karat bisa gampang dibuka bisa di semprotin dl dengan WD , jadi bautnya pada disemprotin dikit2 aja dengan WD40 atau oli Sae 10 ato SAE 20 bekas

By Kungfu Panda

redemp
Newbie

Jumlah posting : 59
Join date : 2009-05-27
Lokasi : Jakarta Selatan

View user profile

Back to top Go down

Re: Trouble n tips ninja masuk musim ujan

Post  phew on Fri Aug 28, 2009 9:59 am

"Karna ngebahas pengaruh ujan otomatis penyebabnya ya aer ujan, mulai dari
handel gas yang seret karna dalemnya berkarat ----> solusinya tinggal
copotin tuh handel gas bareng rumahnya, liat tempat muter distang..biasanya
pade karat ma kering, tinggal amplas, bersihin, kasi oli lagi n beres dah.." Very Happy

maaf gan..ane quote sebagian aje dulu..
kalo pake pelindung tali gasnya ninja r aja buat di pasang di ninja RR bisa kan?? Smile

soalnya,,gw liat ninja R abang gw juga pake pelindung tali gas [yang biar gak kemasukan aer waktu ujan] pirat
ato gw biasa semprotin pelumas(biasa dipake buat ngilangin karat/dipake buat ngelumasin rante montor) kalo kagak salah ntu WD40 tiap kali service didalem tali gas..biar agak lembut muter gas-nya..


gitu aja si bro Cool

phew
Newbie

Jumlah posting : 22
Join date : 2009-08-25
Age : 31
Lokasi : Jambi

View user profile

Back to top Go down

View previous topic View next topic Back to top

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum